Pengalaman – Cara Berhenti Merokok

Saya dulu adalah perokok ya kira kira sehari habis sekitar 12-18 batang sehari. Karena saya cukup miskin waktu itu, beban merokok ini sangat besar saya rasakan dan sayapun ingin berhenti merokok. Salah satu cara yang di coba adalah mengurangi sedikit demi sedikit.. Salaah… ternyata mengurangi sedikit demi sedikit tidak membantu, dalam waktu yang tidak terlalu lama akan kembali ke konsumsi semula.

Akhirnya saya memilih cara yang cukup berani yaitu berhenti merokok sama sekali langsung saat itu juga saat itu saya mash ingat hari sabtu rokok tinggal satu batang, dan saya sangat ingin merokok tetapi saya mengingatkan sendiri kapan mau berhenti merokok kalau tidak dimulai saat ini juga. Kahirnya rokok ang tinggal satu batang itupun saya patahkan jadi dua, saya jatuhkan ketanah dan saya injak.

Mulai saat itu saya tidak lagi merokok, kelihatannya mudah bukan, tapi bayangkan bahwa selama sebulan kita harus menanggung rasa “kecut” di tenggorokan yang hanya bisa di “obati” dengan merokok. belum lagi rasa frustrasi karena tidak merokok seperti biasa seperti  ada rutinitas yang hilang, seperti ada yang tidak beres.

Tetapi setelah 30 hari, semua perasaan itu mulai menghilang meskipun keinginan merokok itu masih ada.  Syukur saya bisa meneruskan untuk tidak merokok sampai saat ini, teman teman juga banyak yang mendukung dengan tidak memberikan rokok ke saya meskipun mereka memilikinya. ada bebrapa tips untuk agar berenti merokok ini berhasil:

  1. Berhentilah merokok saat ini juga
  2. Beritahu  semua orang bahwa anda berhenti merokok, supaya yang lain bisa mendukung (dengan mempersulit anda merokok)
  3. Bertahanlan selama 30 hari tidak merokok sama sekali jangan sampai break
  4. Setelah 30 hari anda boleh merayakannya (hasil dari uang yang anda tabung karena tidak merokok)
  5. Kemudian teruskan lagi 30 hari tanpa merokok.. :)

Sampai sekarang saya sudah tidak lagi merokok hanya sekali sekali hanya untuk acara sosial sehingga saya sekarang mengkatogerikan disi sebagai Social Smokers tetapi keinginan merokok seperti dulu itu sekarang sudah tidak ada lagi. Untuk menggoda anda, saya kasih gambar rokok yang besar… mudah mudahan iman kita kuat.. :)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s