Kemampuan berbahasa Inggris… PENTING..!

Setelah bekerja beberapa lama, saya sangat merasakan betapa pentingnya memiliki kemampuan yang memadai dalam berbahasa Inggris. Bahkan bisa dikatakan bahwa kemampuan bahasa Inggris menjadi hygiene factor (yang sudah seharusnya dimiliki) dalam mendapatkan perkerjaan. No proper English, No Job – that simple.Saya menyaksikan sendiri bagaimana banyak sekali applicant yang sebenarnya sangat bagus harus di pinggirkan karena Bahasa Inggrisnya kurang, apalagi kalau kita bekerja yang harus berhubungan dengan klien. Bahkan dalam beberapa hal promosi kita bisa terhambat karena hal tersebut.

Saya bukan orang yang terlalu pandai berbahasa inggris, dan saya juga tidak pernah mengikuti kursus kursus seperti itu, dan sekolah saya selalu di sekolah negri yang murah dan pendidikan bahasa inggrisnya tidak terlalu bagus. Cukup beruntung saya bisa masuk bekerja dengan bekal bahasa inggris yang belepotan ini. kalau saja saya masuk tahun tahun sekarang, belum tentu saya bisa dapat pekerjaan ini.

Sekarang pegawai negeri-pun sudah menambahkan TOEFL minimum 600 sebagai salah satu prasaratnya, setidaknya kita juga harus memiliki score 600an (maksimum TOEFL score adalah 680).

Saya sangat menganjurkan rekan rekan semua memperbaiki bahasa Ingris kita semua. Bila anda tidak mampu membayar kursus atau orang tua anda tidak mampu menyekolahkan ke luat negri, jangan putus asa, anda bisa melakukan hal seperti berikut:

  • Hapalkan nyanyian dalam bahasa Inggris banyak banyak dan praktek-kan / nyanyikan
  • Bacalah buku dalam bahasa Inggris, jangan beli yang terjemahan untuk melatih vocab dan bahasa Inggris pasif anda. gak ngerti nggak apa apa, baca terus nanti juga ngerti sendiri.
  • Nonton banyak banyak DVD dengan text (English) kalau dah PeDe teksnya di hilangkan
  • Ikutlah ToastMaster, mungkin kota anda ada klubnya, bisa di cari disini
  • dll, Jangan lupa Blogging bahasa Inggris sekali sekali :)
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s