Nothing is ever deleted on the Internet…

Hati hati dengan apa yang anda katakan dan tuliskan di Internet (twitter, Facebook, blog, komentar dll), sekali anda tuliskan maka tak akan bisa anda hapus. Apa saja yang anda tuliskan di internet, kalau sudah di catat oleh mesin pencari maka seseorang tetap akan dapat menemukannya.

Diperparah lagi kalau anda memiliki Facebook dan teman teman anda mengunggah foto foto jaman SMA yang tidak senonoh, dan men-tag anda maka anda calon boss anda bisa mencari nama anda dan menemukan foto foto tersebut.

Apa yang anda tuliskan di twitter, meskipun bisa anda hapus, tapi tulisan anda akan tetap di internet karena sekarang ada service yang mencatat semua yang pernah anda tuliskan di twitter. Atau kalau seseorang meng “favorite”kan twitt anda.. good luck, semua akan tersimpan rapi termasuk jam dan hari anda mengetweet.

Google juga meng “cached” hampir semua website dan postnya, saya sering mencari dengan google yang websitenya sudah tidak ada lagi, ternyata dengan mengklik “tembolok” (cached) maka posting itu masih bisa dibaca.

Beberapa pencegahan yang bisa anda lakukan di Internet:

  1. Gembok account anda (bikin private) meskipun bukan jaminan tapi membantu.
  2. Buatlah account samaran agar tidak terlalu terbuka ke internet
  3. Kalau anda tidak ingin mengunci account dan memakai nama samaran maka berbuatlah Jaim (Jaga Image) di Internet, bicara yang santun dan bermutu. Tidak perlu nyombong dan bohong.
  4. Kalau teman anda meng-unggah gambar tak senonoh dan men-tag anda, mintalah untuk mendeletenya, kalau tak bisa coba anda un-tag, sehingga mesin pencari tidak mengasosiasikan anda dengan foto tersebut
  5. Jangan menyentuh internet ketika Mabuk atau galau, anda mungkin akan menyesalinya nanti.
  6. Jangan terlibat Twitt-War tak ada gunanya.. :)
  7. Anak2 umur 17 tahun kebawah sebaiknya jangan punya twitter, facebook maupun blog kecuali dengan bimbingan orang tua saat mengisinya.

Demikian beberapa tips, intinya adalah berhati hari, ingat sekali lagi, apapun yang sudah anda tuliskan di Internet, tidak bisa anda hapus lagi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s