Internet dan SOPA

Hari ini semua ribut tentang SOPA (Stop Online Piracy Act) yang akan di bahas di Amerika, Banyak yang menentang diantaranya adalah Wikipedia yang hari ini websitenya di tutup selama satu hari. Sebetulnya saya tidak terlalu ambil pusing dengan SOPA ini, karena :

  1. Itu adalah draft undang2 di Amerika yang diributin
  2. Biasalah kalau ada yang pro dan kontra, yang bisnisnya terancam pasti kontra… jadi bukan barang yang istimewa

Tetapi ada yang sangat penting kalau situs Web seperti Wikipedia itu ikutan strike… Mereka orientasinya bukan bisnis kog, orientasinya adalah komunitas, saling membantu. Kenapa mereka harus ikutan mogok..?

Apa itu SOPA? Ternyata setelah dibaca baca, SOPA ini adalah hasil lobi pihak yang ingin menjaga copyright dan HAKI mereka supaya tidak di bisa di jual di luar negri Amerika, apa yang sebenarnya mereka minta di Undang2 tersebut…?

  1. Kalau ada website yang salah satu isinya melanggar HAKI, maka website tersebut, domainnya harus di blok, dihilangkan dari mesin pencari, IP addressnya di blacklist, yang punya dibakar hidup hidup, saudara dan teman orang itu ditembaki satu persatu sampai tujuh turunan.
  2. Kalau sampai ada mesin pencari yang me-link dengan website tersebut, maka mesin pencari tersebut bisa ikut diseret ke pengadilan
  3. Semua situs harus menjaga supaya tidak ada isinya yang melanggar HAKI, kalau sampai ada, maka itu adalah salah situs tersebut karena tidak berusaha semaksimal mungkin.

Coba bayangkan: saya bikin blog, kemudian ada orang berkomentar dan memberikan link untuk mendownload tulisannya Marwan Jafar yang nyontek itu. Kalau sampai yang di contek tidak terima maka saya bisa dituntut ke pengadilan gara gara ada link tersebut. Menurut undang undang itu adalah salah saya kalau sampai tidak tahu ada link seperti itu.

Bayangkan juga kalau itu adalah youtube, berapa ribu orang upload video yang bukan miliknya, atau Google, berapa link yang harus dilihat satu satu, juga facebook… mati ajalah kalau ada SOPA.

Memangnya mereka tidak ada undang2 tentang HAKI di Internet..? Ada, undang undang yang sekarang kalau diketahui ada ynag melanggar HAKI di situs kita (setelah diberi tahu oleh yang memiliki HAKI), kita tinggal menghilangkannya saja. Tapi yang sekarang, tugas mencari yang melanggar HAKI  ada di pundak pemilik Website.

Kita bersyukur bahwa ada yang memiliki pengaruh besar dan menggunakan pengaruhnya untuk menentang industri Holywood dan Rupert Murdoch, sehingga kita masih bisa menggunakan internet secara bebas.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s