I Stop Finding My Passion…

Sering kali saya mendengar bahwa kita bisa sukses apabila bekerja sesuai dengan passion yang kita miliki… intinya adalah kalau pekerjaan itu kita sukai maka kita akan bisa lebih sukses dibandingkan yang lain.

Bukan saya ingin mendebat pendapat tersebut, tapi coba anda tanyakan kepada diri anda… Apa passion anda..? Bisakan anda menjawabnya dengan cepat..? Kalaupun anda memiliki waktu yang banyak, saya yakin andapun akan kesulitan menjawabnya. Kalau anda bisa, maka saya harus memberi anda selamat, karena anda sudah pada level “begawan”. Menurut saya finding passion itu merupakan hasil dari kontemplasi, pencarian makna hidup yang tidak bisa didapatkan dengan cepat.

Tetapi saya melihat bahwa beberapa orang memiliki gairah yang lebih dibandingkan dengan yang lain dalam melakukan sesuatu hal, dan kita bisa melihatnya… Di kantor misalnya, kita bisa melihat siapa yang memiliki gairah untuk melakukan suatu hal (selling misalnya) dan siapa yang melakukannya hanya karena itu adalah bagian dari kerjaan. Biasanya yang lebih bersemangat dan menikmati bisa dapat lebih meskipun tidak selalu.

Ketika saya tanyakan apa passion mereka, (apa yang membuat mereka bergairah / hal yang membuat mereka senang), selling bukanlah jawaban mereka…  reading book, traveling etc adalah jawaban yang umum. Mungkin kita mixed up antara Hobby dan Passion, mungkin kita tidak tahu apa arti passion sebenarnya…

Anyway I stop thinking about what my passion is. I just do things, if I like it  I continue doing it, if not I stop doing it.  That simple…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s