Jangan Umbar Janji kepada bawahan

Hari ini seseorang pimpinan perusahaan dimana saya bekerja, menjanjikan untuk memberikan charger BB yang bisa di colokin ke cigarette Lighter. tentu saja saya sangat berterima kasih terhadap pemberiannya tersebut.  Tetapi saya tahu bahwa hanya waktu yang akan menjawab apakah saya akan mendapatkannya atau tidak.

Beliau tentu tidak memiliki niat untuk menipu, hanya saja beliau ini sangat sibuk dan banyak sekali pekerjaan yang lebih penting daripada mengingat bahwa besok dia harus membawa Charger BB untuk saya. Masalahnya adalah hal ini sering terjadi, sebagai orang yang belum memiliki agenda maha penting, tentu saja saya masih bisa mengingat beberapa janjinya yang lain yang sampai sekarang belum terlaksana

Ini adalah pelajaran penting untuk saya pribadi… Mungkin Janji itu bisa dikatakan insignificant untuk kita, tetapi mungkin juga itu adalah suatu yang besar buat bawahan. Bukan masalah nilainya, tapi adalah perhatian yang diharapkan dari kita, tidak emmenuhi janji bisa membuat respect dari bawahan kita hilang atau berkurang.

Seorang bawahan mungkin akan sangat mengingat kalau kita menjanjikan misalnya: makan siang bersama, traktir makan malam, atau bahkan kenaikan gaji. Sedangkan kita sendiri bisa langsung lupa setelah selesai percakapan. Bawahan tersebut tidak akan berani untuk menagihnya, sehingga bisa terjadi mereka menunggu terus sepanjang waktu.

What To Do? Kalau kita berjanji kepada bawahan seberapapun kecilnya, sebaiknya Catat dalam agenda dan buatlah perlakukan sebagai sesuatu yang sangat penting. Mereka akan mengingatnya sepanjang waktu, jangan sampai gara gara hal sepele, kita dipandang orang yang ingkar janji…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s