Kartu Kredit 101: Fakta Menarik tentang kartu kredit

Beberapa waktu lalu saya menulis tentang lintah darat modern: kebetulan saya punya teman yang cukup tahu tentang Kartu kredit ini dan saya ajak untuk ngobrol ngopi sore beberapa hal yang menarik yang mungkin saya bisa share disini:

Pemain Kartu Kredit: Pemain besar kartu kredit di dunia adalah Master dan Visa, diluar keduanya itu kecil kecil… Master dan Visa keduanya perusahaan Amerika. Hampir tak ada beda diantara keduanya dari segi sisi konsumen.

Bagaimana Cara kerja dan pembagian keuntungannya: Pada dasarnya bank akan membayar dulu tagihan anda kepada toko atau organisasi yang bertransaksi dengan anda, dan anda bisa membayar dengan kredit (beserta bunga) kepada bank yang bersangkutan. Toko tersebut akan terkena charge pada kisaran 2-2.5%. Jadi pada bisnis model ini ada dua pendapatan dari kartu kredit, yaitu Merchant fee (2-2.5%) dan bunga yang anda byarkan bila mencicil pembelian dengan kartu kredit.

Merchant fee dibagi oleh tiga institusi yaitu: Visa/master (sekitar 1%), Pemilik mesin gesek (Sekitar 0.8 -1 %) dan bank penerbit sisanya. Maka bank penerbit akan mendapatkan keuntungan maksimal apabila mesin gesek dan kartunya memakai bank yang sama. Bunga Cicilan dari pemegang kartu diambil bank penerbit (yang juga membiayai kredit konsumennya). Ada keuntungan lain dari bank penerbit yaitu iuran tahunan dan juga biaya keterlambatan apabila pemegang kartu kredit telat membayar.

Besarnya bunga cicilan: bunga cicilan kartu kredit jauh lebih tinggi daripada bunga bank biasa. Kalau sekarang bunga pinjaman adalah sekitar 12% pertahun, maka bunga pinjaman kartu kredit adalah sekitar 30% lebih. kalau anda misalnya mencicil selama tiga tahun maka mungkin anda membayar dua kali lipat dari harga sebenarnya.

Kenapa bunga ini sedemikan tingginya, tak lain adalah karena resiko yang mereka harus pertimbangkan. Ingat cicilan ini adalah tanpa agunan, jadi kalau pemegang KK ngemplang (tidak mau membayar) maka tak ada yang bisa dijadikan jaminan.

Dan sayapun bertanya, memang ada berapa banyak yang ngemplang..? Jawabnya adalah… kecil sekali… maksimum 1%. Apa yang terjadi kalau mereka ngemplang..? maka pihak bank akan menyewa centeng untuk menagih hutang bahkan sampai membunuh pemegang kartu, seperti di video berikut

karena waktu blogging terbatas, sampai disini dulu nanti kita lanjutkan di bagian 2 :)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s