Kartu kredit 101: Cara menggunakannya dengan benar

Empat hal yang harus anda ikuti untuk menggunakan kartu kredit dengan benar dan bijaksana yaitu:

  1. Bayar langsung full tiap bulannya (jangan nunggak sedikitpun)
  2. Jangan sampai terlambat melakukan pembayaran
  3. Jangan sampai lebih dari limit kartu kredit anda
  4. Minta iuran tahunan dihapuskan

Itu saja resepnya, maka dijamin anda akan nyaman menggunakan kartu kredit dan anda memiliki catatan yang bagus oleh pihak bank, yang nantinya akan dapat menolong anda untuk mengjukan pinjaman. berikut ini adalah keterangannya:

1. Bayar langsung full tiap bulannya. Ingatlah bahawa setiap kali anda melakukan pembayaran dengan menggunakan kartu kredit, anda telah hutang kepada pihak bank tanpa agunan. Pihak bank akan membebani anda dengan bunga yang sangat tinggi, untuk di Indonesia bunganya sekitar 3% atau lebih. Jadi kalau anda menunggak, maka anda berarti harus membayar 3%. kalau anda menunggak 1 juta anda harus membayar 30rb perbulan. lebih baik buat makan siang toh.. :)

2. Jangan sampai terlambat membayar: Kalau anda telat membayar, maka anda akan dikenai biaya sekitar 25rb -150rb sesuai kartunya. bukan hanya biaya saja tapi anda akan mendapatkan catatan khusus di pihak bank. Bila anda terlambat karena lalai dan ini adalah pertama atau kedua kalinya, minta bank untuk menghapuskannya. Kalau tidak boleh, ulangi lagi setelah beberapa menit, kalau tetap tidak boleh, bilang bahwa anda akan tutup saja. kemungkinan besar mereka akan menuruti permintaan anda

3. Jangan sampai lebih dari limit yang ditentukan: ketahuilah limit Kartu kredit anda, bila anda belanja melebihi kartu kredit, ada kalanya tetap dibayar oleh pihak bank yang bersangkutan, tapi anda akan dikenakan fee yang lumayan mahal juga. jadi ketahuilah limit kartu kredit anda

4. Mintalah iuran tahunan anda dihapuskan: biasanya ini tidak otomatis, tetapi anda harus memintanya setiap kartu kredit anda berulang tahun, Anda mungkin harus melakukan sedikit negosiasi dengan customer servicenya, tapi lumayan bisa mengurangi 300rb keatas. Beberapa Bank tidak mau menghapuskannya meskipun anda mengancam untuk menutup. Ada dua hal yang bisa anda lakukan yaitu… membayarnya atau… minta menghapuskan iuran dan menutupnya.

Ingat bahwa iuran tahunan itu untuk pemakaian ke depan jadi kalau menutupnya, anda minta untuk dihapuskan dulu dan baru dilunasi seluruhnya dan ditutup. Dengan demikian, bank tersebut tetap tidak akan dapat iuran tahunan dan dia akan kehilangan seorang pelanggan. mencari pelanggan kartu kredit tidak mudah, mencari kartu kredit bebas iuran pertama gampang… :)

Dan ingat juga bahwa setiap saving yang anda bisa lakukan, maka itu merupakan tambahan income untuk anda.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s