When You are in Doubt… Ask..!

Hari ini adalah salah satu hari kita memakai pak supir cabutan. pak supir yang baru ini salah parkir tempat sehingga menyebabkan beberapa keributan dari orang yang memiliki parkir tersebut. Kesalahan yang sederhana tapi membuat ketidak nyamanan banyak orang sehingga hari ini saya di damprat oleh yang punya lot parkir, yang perkataannya tak perlu saya ungkapkan disini.

Sayapun bertanya, kenapa bisa salah parkir, bukannya saya tadi sudah ingatkan untuk menempati nomor lot tertentu dan dia pula yang mengambil mobilnya dari tempat yang sama. Rupanya karena masih baru dia lupa dan akhirnya menaruh di “sekitaran” situ, toh kalau empunya lot datang tinggal menaruh mobil ditempat yang kosong saja pikirinya.

Sayapun hanya mengelus dada, ya sudah tak apa apa… kenapa tadi tidak telpon saja kata saya… Dia diam saja, katanya takut mengganggu. Apa betul dia takut mengganggu pikir saya, bukankah tadi dia juga telpon ketika datang…? Sayapun mengingat di Kantor ada orang yang memiliki attitude yang sama, lebih baik salah daripada bertanya.

Ada beberapa hal mengapa seseorang tidak mau bertanya:

  1. Takut dianggap bodoh
  2. Ingin membuktikan bahwa dia mampu dan mandiri
  3. Takut bertanya
  4. Ingin menyembunyikan sesuatu

Padahal justru sebaliknya, ketika anda bertanya, maka artinya anda berdiskusi dan berkonsultasi, guna boss adalah untuk di tanya-tanyai karena beliau memiliki pengalaman yang lebih dan mungkin juga lebih expert dibidang tertentu.

Bayangkan ketika anda tidak bertanya, tidak berdiskusi maka kalau saja proyek anda atau pekerjaan anda bagus, simply tidak akan kelihatan oleh siapapun karena tidak ada yang anda ajak bicara. Leader kita akan menganggap hal tersebut adalah biasa yang semua orang bisa melakukannya. Dengan bertanya, anda memberi tahu bagaimana kompleksnya masalah yang ada, dan kalau anda bisa suggest jalan keluarnya malah bagus… Secara tidak langsung anda sedang mempromosikan anda sendiri. Kalau anda tidak bertanya dan menjadi masalah yang besar, maka boss akan sangat marah karena tidak dilibatkan.

Jadi jangan takut untuk bertanya, when you are in doubt.. ask..

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s