Akhinya Andi Malarangeng menjadi tersangka Kasus Hambalang

Beberapa minggu yang lalu saya menuliskan tentang akankah Andi malarangeng menjadi tersangka, ternyata dalam waktu yang tak terlalu lama, akhirnya kemarin tanggal 8 Desember Andi Malarangeng telah dijadikan tersangka dalam kasus Hambalang ini.

Meskipun banyak pihak yang kaget, saya pribadi tidak terlalu kaget karena dari kacamata awam juga langsung bisa terlihat bahwa Andi memiliki setidaknya pengetahuan tentang aliran dana, dan kemungkinan besar mendapatkan sebagian aliran dana tersebut.

Ini adalah pertama kali dalam sejarah di Indonesia, seseorang mentri aktif menjadi tersangka dan juga yang saya yakin tidak akan terlalu lama akan menjadi tahanan KPK. Ada beberapa hal yang patut kita appresiasi dalam hal ini:

  1. KPK berani mengambil langkah yang cukup extreme dimana dulu pasti tidak akan pernah terjadi
  2. SBY tidak mengintervensi KPK
  3. Andi Malarangeng langsung mundur dari jabatannya

Ketiga hal ini menurut saya menggambarkan b ahwa Indonesia sekarang menuju jalan yang benar, korupsi mulai banyak yang terungkap, tak peduli bahwa tingkat mentri pun akan di proses, presiden juga tidak bisa ikut dalam mempengaruhi penegak hukum.. so its good… hal itu semua membuat kita semakin bangga terhadap Negara ini…

Bagaimana dengan Anas..? Meskipun di dalam media partai demokrat berusaha mengkriminalisasikannya ternyata dia tidak dan belum dapat dibuktikan keterlibatannya dalam korupsi hambalang ini. Sumpah Anas Urbaningrum bahwa dia boleh di gantung di monas kalau terlibat kasus Hambalang, ternyata masih belum terbantahkan sampai sekarang :)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s