Personal opinion : Surat Ijin Senapan Angin Masih Rancu

fwb800Hari ini saya berbicara dengan beberapa orang yang sedikit banyak mengetahui tentang peraturan baru tentang senapan angin dan air soft ini. Beliau tidak mau disebut namanya dan berikut ini adalah personal opini beliau.

1. Sebenarnya Perkab ini dilakukan untuk menertibkan senjata airsoftgun yang sering dipakai untuk tindak kejahatan. Air soft gun meskipun kemungkinan membunuhnya kecil, tetapi bisa dipakai untuk menodong. Dalam keadaan panik seseorang tidak akan bisa mengetahui apakah itu senjata replica atau sungguhan karena bentuknya sangat mirip.

2. Tetapi kemungkinan polri juga merasa bahwa Senapan angin mungkin saatnya perlu di lakukan penertibannya sekalian dalam waktu yang sama, karena beberapa replika menggunakan CO2 juga merupakan senjata angin 4.5mm.

3. Baru baru ini ada edaran bahwa airsoftgun semua kegiatannya di bekukan, juga surat ijinnya… jadi otomatis kepemilikan dan penggunaan air softgun adalah illegal. jadi bagi anda pemilik airsoftgun, sebaiknya simpan baik baik dan jangan JANGAN DIGUNAKAN UNTUK APAPUN.

4. Sedangkan senapan angin, kegiatannya masih di perbolehkan, banyak pertandingan pertandingan resmi menggunakan senapan angin kaliber 4.5 masih dilakukan oleh instansi tertentu… juga senapan api masih dipertandingkan, artinya kepemilkan dan penggunaannya masih di ijinkan.

5. Sekarang mengenai ijin, menurut saya intensi KAPOLRI mungkin bagus tetapi menurut saya banyak hal yang tidak/belum jelas misalnya:

  • Harus adanya surat ijin impor..: apakah ini berarti senapan yang di impor saja yang boleh diberi ijin..? bagaimana dengan senapan rakitan dalam negri.. yang jumlahnya mungkin jauh lebih banyak dari yg diimpor… juga bagaimana dengan senapan yang dibeli sebelum adanya perkab ini…
  • Harus ada surat dari perbakin : Loh jadi surat dari klub yang terdaftar di perbakin tidak cukup..? Bagaimana mungkin mendapatkan surat itu kalau tidak langsung menjadi anggota perbakin… bagaimana mungkin perbakin mau memberikan surat rekomendasi itu kalau yg bersangkutan tidak terdaftar langsung di perbakin… menjadi anggota klub di bawah perbakin bukan berarti yg bersangkutan anggota perbakin.
  • Surat surat psychology dan dokter kepolisian keterangan sehat: sungguh luar biasa ketatnya ujung ujungnya ini akan menjadi ajang pungli
  • Biaya ijin pertahun yang sekitar 350.000 per pucuk senapan. Itu diluar biaya biaya siluman, harga senapan sharp bikinan Indonesia hanya sekitar 300.000 an dan harus membayar ijin 350.000 sepertinya tidak masuk akal.
  • Hanya digunakan untuk pertandingan: kalaupun anda mendapat ijin, maka ijin tersebut hanya untuk penggunaan di lapangan tembak… jadi anda tidak lagi bisa menggunakannya untuk menembak hama tikus ataupun bajing.

6. Beberapa anggota klub yang mencoba untuk membuat ijin senapan angin sangat lama prosesnya dan tidak keluar sampai sekarang… kalau saya lihat yang sudah bisa memiliki ijin pasti orang yang memiliki kenalan dekat dengan POLRI, ujung ujungnya ya gitudeh… saya tetap menyarankan agar anda mengurus ijin tersebut, tetapi kesabaran anda mungkin akan melalui ujian yang cukup berat.. :)

8. Ada pendapat kontra tentang ijin senapan angin ini yang menurut saya perlu segera ditindak lanjuti dan di jelaskan kepada masyarakat karena banyak yang takut bahwa pengurusan ijin ini akan bisasemakin menyusahkan misalnya:

  • Begitu anda mengurus surat ijin, berarti anda tidak lagi boleh sembarangan menjual, meminjamkan, menghibahkan senapan anda sembarangan, kalau terjadi “sesuatu” anda akan dimintai pertanggung jawabannya karena senapan itu terdaftar atas nama anda.
  • Anda harus secara aktif memperbaharui ijin setiap tahunnya… bila anda lalai, ada kemungkinan rumah anda di datangi polisi (mungkin oknum) dan menanyakan senapan anda… jangan sampai anda memiliki senapan angin lain yang tidak anda daftarkan.

9. Kalau anda belum bisa mengurus ijin senapan angin, saran saya adalah:

  • Simpan senapan angin anda baik baik dan tersembunyi, jangan dibawa bawa, jangan sampai dipakai mainan anak kecil.
  • Masuklah ke club dibawah perbakin, bila nanti ada masalah, mudah mudahan mereka bisa mengenal beberapa orang “dalam” dan memberi kesaksian bahwa anda adalah orang baik baik dan menggunakannya untuk latihan / pertandingan.
  • Jangan sampai anda punya senapan yang melanggar (misalnya senapan api atau senapan angin 5.5mm keatas… itu namanya mencari masalah)
  • Simpan baik baik dokumen pembelian anda ie: faktur dan kwitqansi… bila anda membeli senapan baru, Mintalah Surat Ijin Import. Kalau toko resmi tidak mau memberi mereka sudah melanggar peraturan.

Demikianlah wawancara saya dengan seseorang anggota klub perbakin yang sudah lama. Tentunya tidak mencerminkan pendapat institusi ataupun klub… kita semua berharap agar  segala keributan ini tidak mematikan hobi senapan angin di tanah air.

Advertisements

77 comments

  1. Mau kalrifikasi aja agar jgn salah kaprah. Sebenernya gak ada UU yg mengatur tentang senaoan dibawah kaliber 5,5mm, artinya 4,5mm itu gak diatur UU. Tapi ada surat edaran kapolri terkait Airsoft gun dan senapan angin. Nah yg namanya SE itu sifatnya internal Polri bukan buat Masyarakat umum. Jadi kalo ditanya izin 4,5mm gak ada izinnya karena gak ada UU yg ngatur senapan maenan. Paling bisa dibuat surat keterangan kepemilikan aja, ibarat surat jalan. Jadi harusnya 4,5 mm gak jadi masalah. Kecuali digunakan untuk tindakan kriminal maka perlakuannya kena UU senjata Api. pistol plastik yg bahkan bukan airsoft cuma replika murahan cina pun kalau dipakai buat kriminal kenanya UU darurat senjata api.

  2. yang bener aja.?? masa mau makai senapan aja harus segitunya.?? bagai mana untuk yang hobi berburu seperti saya.? masak harus izin.? kan gak d gunakan untuk kejahatan.? dan jika untuk yang bercita² jadi tni, ini kan bisa di gunakan untuk latihan

  3. sungguh miris banget syaratnya, kan gak semua orang memakai senjata buat kejahatan. bisa aja di pakai buat ngelindungin diri atau sekdar buat hobi, misalnya berburu atau yang lain2 kecuali berburu.. masak dikit2 harus minta izin, seumpama penjajah balik lagi ke negri ini kita bisa apa mau dor harus izin dulu gitu.?? kan gak mungkin.

  4. kalau 4.5mm dipakai hanya di dlm rumah utk nembak hama tikus dan ga pernah dibawa kemana2 utk dipamer2in atau utk berburu burung, tupai, musang, dsb (krn sy penyayang binatang) kira2 butuh ijin ga ya?

  5. menembak adalah hobby saya baik menembak sasaran tetap atau hama tikus harus mempunya izin yang bertelee dan g jelas apalagi harga senapan angin cuma 200ribuan, kalau dibawa keluar jalan raya pasti diawasi/diperiksa padahal cuma mau nembak ikan/ biawak di sungai masa mau nodong/merampok pakai senapan angin g masuk diakal. bila nanti ketika bangsa kita diserang bangsa asing kita tidak bisa angkat senapan karena tidak pernah menggunakannya

  6. Sya pernah bw gejluk sanji 4,5 mm naik comuterline 3 kali perjalanan lewat pintu resmi ada pkd nya jugk tapi gk masalah, begitu perjalanan pulang pas d stasiun ajir ada pkd yg rese ahinya sy d bw kepos d situ ada pkt dan tni al yg lg bertugas. Dan mereka bilang 4,5 mm itu besar walupun sy punya surat kepemilikan senapam sya tetap d sita krna sy juga kurang begitu peraturan kepemilikan senapan 4, 5mm dan sy d ancam mau d bw kepolsek trus, akirnya senapan yg baru bli 2hari harga 2, 4jt dpt nabung 6bulan d sita. Sebaiknya seblum punya snapan cari tau praturan kepemilikan barang itu dulu. Supaya tdk seperti syyg ceroboh… semoga bisa jd pelajaran

  7. Peraturan senapan angin kok rancu ya. Kalo itu dilarang, kenapa banyak situs2 yang menjual senapan angin? Dan di tempat saya dulu banyak yang jualan senapan angin di pinggir jalan. Mereka gak pernah digerebek, kecuali bila terjadi penyalahgunaan izin. Misalnya jualan senpi juga.

    Padahal sering terjadi penggerebekan di kampung belakangnya karena ada yang memproduksi senpi rakitan. Tapi yang cuma bikin dan yang jual senapan angin cal. 4.5 gak pernah diapa-apain.

    Kalo senapan angin dilarang dan harus punya ijin, kan harusnya yang paling dulu diberantas adalah produsennya.

  8. Janganlah membatasi orang berkarya,belajar membuat senapan angin,makin di batasi makin bodoh masyarakat indonesia akhirnya,,,apa tidak di ketati undang undangnya saja,,bagi orang yg menembak ayam tetangganya berarti itu bisa dihukum dengan kasus pencurian dan pecerobohan,,,bukan nya senapannya yg di permasalahkan tapi orangnya lah yg membuat kesalahan itu,yg dihukum,,jangan alatnya yang dipermasalahkan dong,,

  9. hallo mas adit sebelumnya saya mau ngucapin terimakasih atas infonya yang sangat bermanfaat. oh ya ada satu hal yg mau tanya, saya punya senapan import pompa karena bosan saya jual disuatu forum jual beli, sedangkan saya tidak mempunyai izin pemakaian apalagi penjualan senapan angin cal 4,5. saya takut ketika saya jual ada aparat yg mempernasalahkan dan berujung ke dalam kasus hukum.

      1. saya jga mau nanya gan, saya punya senapan angin cal 4,5 rusak, saya pengen service tapi takut karena sya tdk mempunyai izin apapun. pertanyaannya, apakah jika ingin service senapan angin akan ditanyai mempunyai izin atau tidak?

  10. Bos. Kalau senapan 4,5 mm arus punya ijin dari mana datangnya orang perbakin. Gimana cara blajar nembak.apakah harus ikut perbakn dulu.saya ngk suka ikut perbakin bos. Saya hobi berburu dan petualang olah raga. Jd jangan buat aturan yang ngada2.saya ini sudah keliling dunia.biarkan yang hobi berburu. Janga di persusah lagi

    1. Yang buat aturan bukan saya mas… tapi Bapak bapak plokis… aturannya kalau mau olahraga ya di lapangan tembak.. tanding dibawah bendera organisasi perbakin

  11. Bagaimana kalau kalibernya kita perkecil menjadi 3,5 kan supaya nggak kena aturan
    Hukum ya.. . Kita masih bisa menikmati hobi. Menggunakan senapan angin … dan
    Kita bisa aman dari ancaman aparat …. he. He.. ..he.. .!!?

  12. Peraturan tanpa sanksi itu namanya bukan undang – undang.
    Btw smp dengan saat ini tdk ada undang – undang yg mengatur masalah kaliber diatas .177 atau 4,5
    Selama tdk ada undang – undang TIDAK USAH takut memakai kaliber diatas .177 atau 4,5
    Kalo tdk ada dasar hukumnya kenapa dibilang DILARANG??

  13. Bnyk kasus kriminal menggunakan senpi,parang,pisau dan kayu.penjahat goblok yg melakukan kejahatan dengan senapan angin.
    Jd,,gak sedap banget bila sengin hrs menngunakan izin yg mengeluarkan biaya mahal..

  14. halahh indonesia sok buat peraturan biar banya ladang duit aja.
    lihat dan dengar banyak mana kasus kecelakaan senapan angin sama kasus polisi psikopat yg nembak orang yg gak berdosa.bunuh diri bahkan nembak atasanya sendiri..

    1. Biasa laahh.. Indonesia.. Buat aturan, undang2 hanya buat pemasukkan sampingan oknum pembuat aturanya saja.. Punya hoby aja kok susah..

  15. Mhon pencerahan om….
    Sy pernh punya senapan sharp inova kaliber 4,5mm dan sudah di barter dgn smartphone oleh tmn sy yg minat…
    Pertanyaan nya,
    Apakah saya jg ikut bermasalah jika suatu saat senapan yg di barter oleh tmn sy digunakan oleh tmen sya untuk nembak orang karna alasan pribadi…
    Apakah ad hukum dan pasal nya buat sya…???
    Mhon pencerahan nya om…

  16. Mhon pencerahan om….
    Sy pernh punya senapan sharp inova kaliber 4,5mm dan sudah di barter dgn smartphone oleh tmn sy yg minat…
    Pertanyaan nya,
    Apakah saya jg ikut bermasalah jika suatu saat senapan yg di barter oleh tmn sy digunakan oleh tmen sya untuk nembak orang karna alasan pribadi…
    Apakah ad hukum dan pasal nya buat sya…???
    Mhon pencerahan nya om…

  17. Semua tergantung manusianya bukan ijinya..call 177 boleh dimiliki tanpa ijin khusus.tapi klo di gunakan yg bukan2 misal nembak ayam tetanga nembak ……gimana.misal call 22.25 punya tapi untuk berburu/ menekan populasi hama misal tikus dan sebangsanya..bisa bantu petani pilih mana..lagi pula kaya g tau siatem dan mekanisme perijinan di negri kita..hanya mampu dan bisa dimiliki orang berduit dan berkoneksi…

  18. Mending gawe ketepell . Nek serba surat menyurat,, .. Seanday nya Ada kejhatan pda dri kita kita lawan pake ketepell aja .. Nah pas kbetulan penjahat bwa pistoll. Ya pecah deh ndase kita..

  19. Selamat bergabung ya, sebenarnya kita harus tau aturan di negara hukum mana yg boleh mana yg tidak, secera prosedur senjata api yg diatas kaliber 4,5 Mm wajib hukumnya memiliki izin resmi dari Kepolisian dan atas rekomendasi pengurus Perbakin, kalau memiliki reflika senjata api seperti airshofgun,airgun wajib memiliki KTA Perbakin dan tidak boleh di pertontonkan cukup ditaruh dalam tas kecil apabila anda berpergian wajib hukumnya menyimpan atau membawa ” simpan dalam tas” yg baik karena sebagai anggota perbakin wajib menjaga,merawat, tidak boleh di pinjam atau menaruh sembarangan tempat karena yg boleh memiliki orang punya kepemilikan KTA perbaikin.

  20. mas mas senior, saya mau tanya..?
    saya kan masih berumur 19 tahun, bisa gx mendapatkan pcp 4,5 terus bisa gx membuat surat ijinnya..?
    saya suka sekali berburu burung buat pakan ikan aligator saya om..:)

  21. bicara masalah aturan kepengurusan ijin kepemilikan senapan angin saya mau tanya nih kepada para hunter,
    1. apakah aturan terkait kepemilikan atas senapan angin sudah diatur dan disahkan oleh lembaga/badan yang berwenang dalam bentuk undang-undang? (mohon infonya)
    2. Jika memang peraturan tersebut ada diatur dalam Undang-undang nomer & tahun berapa ya? (mohon infonya)

    soalnya yang saya tahu selagi suatu perbuatan itu tidak di atur dalam undang-undang, alat negara tidak berhak untuk mengadili atau menghakimi atas perbuatan yang dilakukan seseorang tersebut. hal ini diatur dalam pasal 1 ayat 1 KUHP.

    trim’s

  22. Postingan ini bisa memicu di larang nya penghobi senapan angin. Di karnakan menyebut para2 siluman di tujukan untuk organisasi ter tentu, saya sebagai pemburu senior mengatakan sah2 saja klo pakai 5.5 asal jangan di pakai yg bukan2.

    1. Sangat menyesatkan kalau anda mengatakan sah-sah saja… memiliki senapan kaliber 5.5 tanpa ijin adalah melanggar hukum dan anda bisa dipidanakan bila tertangkap, terlepas dipakai yang bukan bukan atau tidak. karena memilikinya marus mendapatkan ijin khusus.

      1. jangankan senapan agin mas wong sakarang sejata api rakitan banyak beredar, saya sering ketemu orang yang berburu dengan senjata api rakitan, sekarang perakitnya juga janggih,gmn gak dibilang canggih rakitan sekarang udah pakai magazene dan udah semi aoutumatis.

        1. Sebetulnya klo mau ikutin aturan yg tinggal ikutin aj, tergantung orangnya waras apa tidak,toh jelas,yg umum dan yg kusus juga jelas, yang boleh dan ga boleh juga jelas, bukan mngukur aturanya le, tapi mengukur waras ngga sndiri, klo waras ya aman kalo ga waras ya celaka,,dulung aj para pngrajin prodak indonesia dngan ukuran sni kulitas setandar,toh indonesia orangnya pintar dan kreatip,maka lanjutkan untuk kemajuan negri sendiri,indonesia bisanya beli snjata buat perang smua dri luar negri,,karna memang snjata orang indonesi adalah bambu,, bambu lawan pisto yo modar,indonesia,bgi aparat yg tau hukum jalankan hukum yg ad, kita butuh hidup standar,pergunakan hukum dngan baik supaya kita bisa tetep menggunakan nya dngan baik dan aturan,TETEP BISA MNGGUNAKAN.,MNIKMATI HOBI DNGAN AMAN,BAIK,Dan TIDA MELANGAR , melewati batas2 standar,klo ngrti orang pintar dan mngrti hukum juga mengerti mnggunakan otak tntunya,kcuali orang yg ga punya otak,,ya celaka orang itu,gunakan otaknya saja ha bisa apalagi gunakan snapan,pistol buat bunuh diri,itu aj yg resmi di jasih negara,otake di mana itu,i love made in indonesia
          Dan saya bangga dngan para pngrajin indonesia maju trus pa de,merdeka,
          Apa iya ya indonesia bisa mrdeka dngan pngrajin pengrajin yg sangat kreatip,,klo penjajahnya musuh dalam slimut dngan aturan2 ini itu lah tembelek,indonesia ngri yg kaya
          Kaya hukum
          Karna hukum yg brtambah jdi yg kaya yg mmpunyai hukum dan wewenang,blum tentu waras,,aq cuma mengutuk keras kpada yg trlalu panatik dngn hukum,penghambat kmajuan jaman,,dunia makin moderen,,yg bikin aturan ga moderen,,apa mau selamanya kita di anggap bodoh,lama2 orang indonesia kemajuan dan prkmbangan buat maju,,akan semakin terkekang dngn hukum yg mmbobodohkan anak cucu kita regenerasi,, kasian nanti cucu cucuku nanti,, gizi buruk gara2 atura2 yg bleweran,,cucumu pie,,yah dari dulu jaman dulu roma irama bkin lagu yg kaya ya makin kaya yang miskin ya smakin blangsak,, 80% pnduduk indonesia blansak re re,kpan indonesia anak cucunya mnikmati hidup bahagia jalankan ibah sbgi umat,yg ad ibadah sampay di lupakan saking smangatnya ingin jadi rang sukses dan kaya.,ihtiar dan doa ga brguna, kerja keras aj,buat ap mada depan kayanya ngga masa depanya di perboden dngn uud tank’s guy smoga mngrti dangn hikmat,, sehingga prdamayan yg sehar kita jujung dngn dunia,gampate

  23. Mas Adit, jadi intinya gimana? saya punya senapan angin Benjamin Marauder Cal. 177 (4,5mm), perlu ngurus izin gak, Mas? Keanggotaan Shooting Club / Hunting Club, sudah cukup bukan, Mas?
    Terima Kasih.

    1. Wah saya harus jawab apa yah..?

      Tapi intinya begini… Kalau anda ingin jadi warga negara yang baik maka uruslah ijin, karena itu akan menjamin kenyamanan anda dalam menggunakannya… karena klub anda tidak akan bisa menolong apa apa, kecuali klub anda adalah asdli Perbakin (bukan club dibawah naungan perbakin)

      Tapi menurut saya saat ini, cuma orang yang masochist aja yang mau mendaftarkan senapannya… Ribet, harus nyogok, tar bisa di peras oknum, dipersulit tetap gak boleh pakai kecuali di lapangan tembak… dll

      Kalau saya pribadi, saya gak mendaftarkan senapan, kalau ketangkap ya bilang aja gak tahu, paling ujung ujungnya minta duit… ya kasihlah kasian yang minta mungkin kurang pendapatannya :)

      Gak semua polisi tahu aturan ini, asal gak dipakai nyombong dan ditenteng tenteng harusnya sih gak masalah… mudah2an membantu

  24. berapa harganya yg PCP & sharp ace 5.5. saya minat…resiko sy tanggung…ini utk keamanan dirumah ( kalsel )..banyak maling mas

    1. Slm knal dulu nih, buat senior2 smua. Maaf sbelumnya nih, kalau boleh saya month ngikut jga koment2 disini. Bener bung jerr, kalau kita slamanya ikut prosedur trus, bisa kacau. Ada prosedur yg hrs dipatuhi, ada pula yg bisa sdikit dikesampingkan. Mari kita sdikit bicara msalah keamanan diri/kluarga. Siapa yg terlebih dulu menjamin keamanan kita dan kluarga, sdh pasti yg pertama menjaminnya adalah kita sendiri. Apalagi kalau ada kejadian kaya di film2 india(istilahnya), kejadian kejahatan itu sudah sempat terjadi, sang pendekarnya baru datang. Gimana kalau sdh bgini.

    2. klo pcp kayaknya jarang bahkan gak ada yang cal 5.5 mas. kalo gejluk saya punya jaringan mas klo anda minat saya bisa bantu tp rtesiko tanggung sendiri.

  25. mas ediii boleh minta no hp nya saya serius pngn beli senapan 5,5 dari anda. dan saya masa boboh dgn para hunter2 pemula lanjutkan mas jualan 5.5 nya

      1. ini yang tidak konsisten n profesional siapa yaa… si ucok apa mas adit yaa… tapi gw tetap mendukung mas adit… lanjutkan mass..

  26. Selamat siang mas Adit..ada yg mau sy tanyakan? Minta pencerahan nya :)
    Saya pengen sekali membeli senapan angin kaliber 4,5mm seperti Air arms 410 import..bagaimana cara mengurus bea cukai nya? apakah barang tsb bisa masuk ke indonesia? dimana kita mesti surat ijin klo saya mau import senapan angin tsb? mohon pencerahannya? thx alot

    1. Kalau mau Import banyak ijinnya mas… ijinnya harus khusus… bebrapa orang yangsaya thau bilang utk ijin importnya saja bakal habis sekian ratus juta.. jadi gak worth it kalau cuma masukin satu buah…beli aja yang sudah disini… memang harganya lebih mahal (rata rata hampir 2x lipat) karena memang pengurusannya rumit dan mahal… Oh ya kalau beli senapan import minta surat ijin importnya ya…

  27. boss cara nya dapet surat jualan sengin 5.5 gmn ya boss? Dan kira2 habis berapa klo membikin surat nya? maaf tanya2 dulu krn saya kan penjual kecil2 an boss. Terimakash

    1. nggak bakal dapet… Kalau anda jual 5.5mm kalau ketahuan polisi anda bakal dipenjara… atau bakal banyak keluar uang… jualan yang biasa saja gak usah neko neko…

    1. Situ emang punya ijin 5.5mm..? saya yakin ijin pakai anda nggak punya apa lagi ijin jual senapan angin 5.5mm. dan anda tahu persis kalau tanpa ijin anda melanggar hukum bukan..?

  28. senapan angin Sharp ace 5,5 :
    * panjang laras 60 cm
    * kaliber 5.5 mm
    * OD tabung 25 mm
    * tabung sdh d tune-up
    * warna hitam * popor ukiran * kayu sono keling
    * Pompa Min.5 x Maks.20 x
    * sedia gejluk 5.5
    * senapan angin pcp 5.5
    * laras 5.5
    * mimis 5.5 / peluru 5.5 harga 85rb tergntung
    Hewn Buruan….! Dengan 6 x Pompa
    mampu pecah botol dengan jarak 75
    meter, bayangkan…..! Jika anda
    memakai Pelet Jenis Heavy Duty (Berat)
    Maka dianjurkan pompa sbanyak 8 -10 x Pompa agar dpat mengimbangi laju dan
    berat Peluru.
    Senapan ini tidak boleh dibawa
    sembarangan,karena Cal.5,5 harus ada
    izin. Kami tidak bertanggung jawab atas
    segala perbuatan oleh pemegang. Resiko ditanggung sendiri oleh
    pembeli. 6283xxxxxxxxxx (deited by gadeblazz)

    1. Saya mengedit posting diatas, karena anda mencari masalah kalau anda membeli 5.5mm… hanya sedikit orang yang bisa dapat ijin 5.5mm dan saya yakin itu bukan anda, atau penjual diatas ini..!

      1. mohon maaf sebelumnya kalau salah, memang setahu saya untuk 5.5mm (0.22″) kepemilikannya harus disertai ijin, bahkan pada saat tertentu harus didata ulang, itu yang saya tahu (sejak tahun 80an sampai sekarang) untuk 4.5mm (0.177) memang masih rancu. namun dengan adanya surat edaran dari pihak kepolisian ijin sepertinya diperlukan.

        1. Surat edaran dari Kepolisian ? diedarkan dimana ? diumumkan dimana ? jangan-2 malah diumpetin itu edaran supaya rakyat kecil gak tahu dan itu bisa memperbanyak ATM, maaf he he

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s