Sakit…

SakitSakit adalah hak azazi virus dan bakteri, manusia tinggal men jalankannya. Spektrum “sakit” ini sangat luas, panjang dan dalam , jadi setiap ada yang memngatakan dia sakit, saya pastikan bahwa dia tidak sedang berbohong.

Ada beberapa tipe sakit yang saya kenali dari bekerja selama bbrp tahun ini.

Tipe orang yang sakitnya jarang: atau bisa dikatakan sangat jarang dan selalu sehat, bahkan saat sakitpun dia bisa dihubungi dan bekerja menuntaskan tanggung jawabnya. Tak ada pola yang pasti kapan dia akan sakit, bisa sangat tiba tiba dan tak terduga. Ini adalah tipe orang sakit yang bertanggung jawab… terkadang saya ikut kasian terhadap orang tipe ini… Sakit aja kog masih kerja, entah dia sangat menyukai kerjaannya atau simply takut di pecat.

Tipe sakit dengan kode: Tipe sakit ini tidak bisa di prediksi, biasanya di mulai dengan pengumuman hari ini agak sakit seraya memberi kode besok mungkin tidak masuk,. biasanya juga nge check apakah besok ada sesuatu yang mengharuskan dia masuk atau tidak

Tipe sakit weekend: Tipe sakit ini biasanya terjadi di sekitaran weeked atau hari libur, pulang liburan atau tugas luar kota… kalau gak Jum’at ya Senin, ada beberapa orang yang memiliki modus (kejadian sering) seperti ini, biasanya kita taruhan hari senin ini si A masuk apa tidak…

Tipe Sakit kerja berat: tipe sakit ini cenderung sakit ketika pekerjaan sedang berat beratnya, atau ketika tidak mampu menyelesaikan pekerjaannya pada saat deadline, atau simply tidak siap presentasi. Jadi tipe ini bukan sakit karena kerja berat, tapi Alergi kerja berat. Biasanya sakitnya orang ini terlihat parah dan ada bukti masuk rumah sakit dengan opname. tetapi biasanya dokter kebingungan mendiagnosa dia sakit apa.

Mungkin  anda bertanya, masak sampai di opnamepun bisa bohongan… kalau saya lihat, rumah sakit sekarang sangat mata duitan, mereka akan dengan senang hati menerima orang untuk menginap di rumah sakitnya, semakin lama anda opname, semakin rumah sakit berterima kasih kepada anda.

Adalah tidak mungkin mengetahui sakit seseorang tersebut betulan atau gadungan, maka kita harus selalu berasumsi bahwa si sakit memang memerlukan istirahat. Tetapi saya sangat menganjurkan untuk tidak menggunakan sakit sebagai alasan bolos terlalu sering, karena teman anda dengan mudah mengetahui pola sakit anda. saya jamin anda menjadi omongan yang tidak enak.

Bila memang perlu istirahat, cuti saja ini adalah hak anda bukan haknya virus dan bakteri. Tapi anda tidak bisa menghindar dari tanggung jawab pekerjaan. sedangkan kalau sakit seakan tanggung jawab anda menjadi tanggung jawab orang lain.

Kalau anda menggunakan sakit untuk menghindar tanggung jawab, saya yakin banyak teman yang akan membenci anda… termasuk saya… setidaknya kalau cuti anda habis dan anda mau “sakit”  pilihlah waktu yang tepat, misalnya saat tidak banyak pekerjaan

Jakarta February 14 – lagi sakit menghindari Valentine

Advertisements

One comment

  1. I can vouch for this. Saya perna bantuin bikin grafik n statistik untuk absensi karyawan. ada beberapa yg patternnya jelas banget tuh, terutama sakit weekend n hari kejepit.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s