Negosiasi kelas tinggi Republican VS Demokrat

Ada suatu yang menarik kalau kita lihat bagaimana Amerika Hampir saja bangkrut (default gak bisa bayar utang) gara gara demokrat dan republican tidak setuju tentang anggaran belanja.

Yang menarik adalah kedua kubu saling melakukan bluffing, mereka tahu kalau masalah itu tidak berhasil disepakati maka akibatnya sangat besar.. tidak hanya bagi Amerika saja tapi juga dunia, bayangkan kalau Amerika tidak bisa bayar utang yang sebesar 5.6 trilyun dollar… (ya tinggal kalikan 11.000 kalau di convert ke rupiah). utangnya kesiapa..? ya siapa saja yang membeli surat utang Amerika diantaranya paling besar China ama jepang

Lah kalau gagal bayar gimana..? ya seperti anda meminjamkan uang ke saya dan sayanya kabur atau gak bisa bayar… uang anda hilang, anda menjadi lebih miskin… kalau anda kurang uang, anda jual barang barang anda untuk menutupi kebutuhan hidup, nah bayangkan kalau orang luruh Indoneisa ini meminjamkan uang kesaya yang jumlahnya lumayan.. sayanya kabur.. semua panik jual barang, barangnya gak ada yang beli, akhirnya banting harga… dan selanjutnya uang yang anda dapat akan kurang nilainya dari yang anda investasikan untuk membeli barang tersebut dulu. wah pokoknya kacau…

Keduanya tahu bahwa akan terjadi masalah besar bila tidak terjadi kesepakatan… dan ini digunakan oleh sebagian partai republik sebagai senjata untuk menghapus Obama Care, Republican benci sekali terhadap Obama Care ini karena bossnya mereka (yang mendanai kampanye mereka) rugi dengan adanya Obama Care karena obama care lebih murah dari pada yang mereka jual. Juga Obama care ini menjadikan Demokrat disukai rakyat amerika dan membuat obama terpilih 2 kali dengan mudah karena kebnijakannya pro-wong cilik.

Akhirnya budget gak disetujui oleh republican, bahkan untuk voting aja mereka tidak mau… pokoknya gak mau… dengan cukup pintar (licik) republican menyetujui sedikit demi sedikit dari budget itu… misalnya, mereka menyetujui pembayaran para veteran dulu… jadi rencananya dipilah sedikit sedikit… sampai nanti pas ngomongin heralth care atau obamacare, mereka bisa tidak setuju… tapi demokrat langsung tahu bahwa mereka dikadalin… dan mereka mengatakan setuju semuanya atau tidak semuanya..!

dan akhirnya deadlock… “Keduanya nge-bluff.. saya gak mau setuju titik, biar mampus saya gak setuju, kalau mau rusak rusakan ayo ajah…” intinya begitu, yang sangat menarik disini adalah Obama berani ambil keputusan tidak mengubah pandangannya, bahkan ketika dihadapkan pada resiko menjadi negara bangkrut pada saat pemerintahannya. Dulu clinton tidak kuat menghadapi tekanan seperti ini dan mengalah menghapuskan program pro rakyat kecilnya.

Kenapa Obama berani..? menurut saya ada beberapa hal

  • Obama care berpihak pada rakyat… yang milih rakyat banyak (grass root) maka semakin dia ngotot maka semakin kelihatan dia membela rakyat kecil… sedangkan republican sudah ketahuan dia membela yang bayar.
  • Meski vokal, hanya sebagian saja dari republican yang tidak setuju dan bluffing, sedangkan kubu demokrat solid
  • Semakin lama government di tutup semakin banyak yang akan misuh misuh terhadap republican

Jadi kalaupun nanti Amerika gagal bayar, tetap dia bisa salahin Republican… jadi nanti republican bakal di-pisuhi negara-negara sedunia… bayangkan dunia kacau gara gara Obama Care… :).

Nah negosiasi dengan bluffing ini cukup sering dilakukan… bahkan oleh kita… misalnya, minta diskon 20% kalau nggak mau, ditinggal aja dan pergi ke toko sebelah… tetapi saya melihat ada blunder besar di republican pada saat bluffing, mereka tidak memikirkan “face saving” schenario kalau mereka kalah, alhasil demokrat kerja dengan republican dari kubu lain dan berhasil sepakat, sehingga kubu republican dari tea party akhirnya kalah…

Dan Obamapun dalam pidatonya langsung melakukan serangan dan hinaan kepada republican katanya:

You don’t like a particular policy or a particular president? Then argue for your position. Go out there and win an election,”  “Push to change it, but don’t break it” because “that’s not being faithful to what this country’s about.

Jleb…! sudah kalah diinjek pula… :), dan kerennya adalah, kemenangan ini cuma sementara, bulan januari nanti bakal rame lagi… kalau saya jadi anda, sebaiknya sekarang jual barang anda mumpung masih tinggi harganya.. :)

Surabaya… malam sabtu, ketika pacar virtual lebih memilih tidur… :(

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s