Berhati hatilah ber Internet

Sebelum ini saya berpendapat bahwa kita semua mengerti bagaimana ber internet yang aman… tetapi baru baru ini saya mendapatkan foto KTP dan juga kartu kredit di internet.. entah apa yang menjadi pemikiran kenapa mereka dengan mudah men share data penting mereka di Internet..?

Memang dengan adanya twitter facebook dll lebih mudah untuk share picture, bayangkan anda ingin membeli tiket kapal terbang nitip teman anda, tak bisa kirim BBM maka alternativenya adalah post foto KTP dan kartu kredit di twitter dan mention orang tersebut.. gampang kan..?

Ya gampang, tapi sekali foto anda ada di internet, hampir tidak mungkin menghapusnya kalau google sudah meng-index foto tersebut… mungkin pertanyaan anda memang kalau orang tahu KTP saya bisa ngapain..? Oh banyak, bayangkan beberapa kejadian yang menelpon rumah dan mengabarkan anggota keluarga kecelakaan… kalau saya tahu KTP anda yang berarti tahu alamat, tanggal lahir dan nama lengkap, dengan mudah saya akan tahu nomor telpon rumah anda.

Saya tinggal mencari waktu yang tepat untuk menelepon rumah pada saat anda tidak bisa di hubungi, dan mengabarkan bahwa kepada keluarga anda bahwa anda kecelakaan dan membutuhkan dana cepat, untuk meyakinkan anda saya bisa menyebutkan dengan tepat tanggal lahir anda, alamat dan lain lain, kemungkinan besar keluarga anda akan percaya dan mentransfer uang yang saya minta…

Kejadian bisa lebih buruk dari itu.. maka please hati hatilah jangan menggunakan internet sembarangan yang bisa mencelakakan anda sendiri… mudah mudahan video ini bisa memngingatkan kita supaya lebih berhati hati

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s